Cryptanthus Elaine adalah tanaman hias yang mudah tumbuh dengan dedaunan bermotif merah muda, putih dan hijau yang indah. Ini adalah genus dalam keluarga Bromeliad dan berasal dari Brasil.

Cryptanthus Elaine tidak memerlukan cahaya secaralangsung terang Ada banyak cara untuk membuat rumah agar terlihat cantik dan tampak segar, salah satunya dengan meletakkan tanaman Cryptanthus Elaine didalam ruangan.

Tanaman cryptanthus elaine cocok untuk di simpan secara indoor, baik di ruang tamu ataupun di kamar. cara merawat terarium juga mudah dan nggak memakan banyak waktu Tanaman cryptanthus elaine ini dapat dengan cepat membentuk kelompok-kelompok kecil, pertumbuhan tegak dengan daun cokelat dan merah bergelombang yang akan sangat cocok dijadikan sebagai tanaman terarium.

Jenis Bromeliad terestrial tumbuh paling baik ketika saat diberi cahaya dengan drainase media tanam yang baik. Tanaman ini bisa ditanam didalam wadahpot yang diletakan pada tempat teduh dengan menggunakan media tanam yang pouros.

Nama Populer – Pop name  Kriptantus, Cryptanthus fosterianus ‘Elaine’
Nama Latin – Latin Name  Cryptanthus fosterianus ‘Elaine’
Family  Bromeliaceae
Origin – Daerah Asal  Brazil
Letak Landscape  Tanaman Pembatas, Pengisi Taman
Tipe Tanaman Hias  Ground Cover, Taman Kering
Propagasi perbanyakan  Pemisahan anakan
Media Tanam  Tanah Kebun
Perlakuan khusus  Pemupukan

Bentuk Pertumbuhan Bromeliad terestrial dengan mawar berdiameter 30cm, Daun Cryptanthus Elainedengan panjang 15cm kali lebar 2cm, merah muda mawar cerah dengan garis median keunguan tua dan pita abu-abu atau  perak melintang. Tepi daun berduri.

Ciri ciri dan Identifikasi tanaman Cryptanthus Elaine memiliki tinggi tamanan sekiktar 20 cm dengan diameter hingga 20 cm. Bentuk daun Cryptanthus Elaine linier dengan susunan daun pinnate circular, Cryptanthus Elaine juga memiliki tulang daun paralel atau sejajar.

Warna daun Cryptanthus Elaine Coklat belang putih atau hijau belang putih dan memiliki  ukuran daun panjang 15 -20 cm dan lebar 2 – 3 cm

Dedaunan Daun dengan panjang 15cm kali lebar 2cm, merah muda mawar cerah dengan garis median keunguan tua dan pita abu-abu  atau perak melintang. Tepi daun berduri.

Crypthantus elaine termasuk jenis tanaman berdaun pink yang tetap menjadi primadona di 2022 dengan harga berkisar Rp200 ribu hingga Rp500 ribu.

Cara Perawatan Dan Penanaman Crypthantus elaine

Disarankan untuk memeri pupuk NPK. Lakukan pemupukan 1 bulan 2 kali, namun jika sebelum 1 bulan tertanam jangan diberikan pupuk. dan pupuk anti hama: Agrimec atau curacron

Source: planterina.com, groovyplantsranch.com