Cara Mudah Memperbaiki Atap Rumah Bocor, Musim hujan tiba, salah satu masalah yang biasa terjadi di rumah adalah terjadinya kebocoran di bagian atap.

Cara Mudah Memperbaiki Atap Rumah Bocor

Bocor pada atap di musim hujan memang sangat mengganggu. walau mudah untuk diperbaiki, namun atap rumah bocor perlu diberikan pencegahan sebelum masalah terjadi.

Karena jika tidak diatasi maka atap dan dinding bisa terkikis oleh air sehingga beresiko keropos hingga dinding rumah menjadi lembab dan kurang nyaman.

Sebelum mengambil langkah perbaikan kenali dulu sejumlah penyebab kebocoran dalam rumah Anda. Berikut sejumlah faktor penyebab atap rumah bocor. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Faktor penyebab atap rumah bocor

  • Atap dipenuhi Sampah
    Sampah seperti daun-daun yang jatuh dari pohon-pohon sekitar atau yang dibawa angin, amat sering menjadi penyebab kebocoran
  • Bentuk Atap Rumah
    Kemiringan atap atau genting yang landai akan menyebabkan air tidak bisa mengalir secara cepat. Terutama jika terjadi hujan lebat yang intensitas airnya sangat banyak. Akibatnya, air masih berada di atap dan air akan mencari celah sekecil apapun pada atap, terutama pada bagian sambungan atau pertemuan penutup atap yang mengakibatkan kebocoran.
  • Pemasangan Atap Kurang Tepat
    Penutup atap seperti asbes, genting atau zink yang dipasang tidak tepat atau kurang baik bisa menyebabkan kebocoran.
  • Cuaca ekstrem. Misalnya saat matahari sedang terik, namun beberapa waktu kemudian tiba-tiba turun hujan. Hal inilah yang akan meningkatkan risiko rusaknya rangka atau penutup atap, terutama jika material yang digunakan kurang berkualitas.
  • Pemilihan penutup atap. Kualitas penutup atap juga dapat memengaruhi atap rumah rawan terhadap kebocoran atau tidak.

Cara Mengatasi Atap Bocor

Berdasarkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko rumah bocor, ada beberapa cara untuk mengatasinya, adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi Atap Bocor

  • Cek genteng secara berkala
    Terkadang, posisi genteng dapat berubah, salah satunya karena terkena hempasan angin kencang. Itulah mengapa, sebelum hujan turun secara tiba-tiba, cek atap secara berkala.
  • Keringkan area rembesan
    Cobalah untuk mengeringkan area yang terkena rembesan secepat mungkin. Genangan air, terutama di daerah yang sejuk dan gelap, memicu tumbuhnya jamur.
  • Gunakan handuk dan berikan aliran udara di area rembesan untuk menghilangkan kelembapan.
  • Perbaiki kemiringan atap
    Kemiringan atap tidak tepat, dapat menyebabkan bocor jadi sebaiknya segera disesuaikan. Atap rumah memiliki sudut kemiringan minimal 30 derajat supaya air dapat mengalir dengan lancar. Jangan sampai tingkat kemiringannya melebihi standar minimal kemiringan atap.
  • Ventilasi Udara yang Baik
    Ventilasi udara yang buruk bisa menjadi penyebab kebocoran di musim hujan. Tetap menjaga sirkulasi udara tetap lancar bisa menjadi langkah kecil perbaikan atap bocor.
  • Lapisi Atap Dak beton
    Pastikan seluruh permukaan dak beton dilapisi dengan water block. Perhatikan juga derajat kemiringan, pastikan kemiringan mengarah ke talang air yang ada.

Dengan melihat kebocoran yang ada, sebaiknya Anda meluangkan waktu pada akhir pekan untuk membersihkan sampah-sampah di atap rumah dan pengecekan secara berkala, Lakukan aktivitas ini secara rutin dan menyeluruh agar hasil yang diberikan juga maksimal.

Cara Mudah Memperbaiki Atap Rumah Bocor