Cara Merawat Tanaman Agar Selalu Subur, Aktivitas berkebun adalah hobi yang sangat mengasyikkan.Cara merawat tanaman memang tidak bisa dikatakan mudah. Butuh ketelitian dan banyak mencari informasi agar tanaman yang dirawat bisa tumbuh subur sempurna.

Cara Merawat Tanaman Agar Selalu Subur

Cara Merawat Tanaman Agar Selalu Subur



Untuk Merawat tanaman, ada baiknya mengetahui dulu cara merawatnya. Terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari penyiraman, pemberian pupuk, intensitas cahaya, dan lain sebagainya. Untuk penyiraman misalnya, setiap tanaman hias memiliki kebutuhan air berbeda-beda.

Bagaimana jika tanaman sering layu dan tidak berkembang dengan baik. hal Ini terjadi biasanya karena cara merawat tanaman yang salah. Oleh karena itu diperlukan cara merawat tanaman yang baik supaya hobi berkebun tetap berjalan. berikut ini Cara Merawat Tanaman Agar Selalu Subur, yakni:

1.Memilih Media Tanam yang Tepat

Memilih Media Tanam yang Tepat



Ada tanaman yang bagus jika ditanam di tanah, namun ada juga yang kurang ideal dengan tanah. Untuk itu, sebelum membeli suatu jenis tanaman, tanyakan kepada ahlinya terlebih dahulu terkait media tanam yang tepat.

2.Teknik Penyiraman Air yang Tepat

Teknik Penyiraman Air yang Tepat



Pada dasarnya, cara merawat tanaman sangat bergantung pada jenis tanaman yang anda miliki, termasuk juga untuk  penyiraman air yang tepat. Jadi ada baiknya mencari tahu kebutuhan air yang diperlukan oleh jenis tanamannya masing-masing.

Tanaman sangat membutuhkan air untuk hidup. Air juga adalah salah satu komponen yang paling penting dalam proses fotosintesis tanaman. Penyiraman secara rutin sangat diperlukan untuk menjaga kadar air dalam tanah. Jumlah air yang disiramkan tentu tergantung dari ukuran tanaman bunganya

3.Menempatkan Tanaman di Posisi yang Mendapatkan Sinar Matahari

Menempatkan Tanaman di Posisi yang Mendapatkan Sinar Matahari



Upayakan untuk menempatkan tanaman pada area yang memperoleh sinar matahari termasuk tanaman indoor. Tumbuhan termasuk juga  tanaman indoor memerlukan sinar matahari langsung untuk proses fotosintesis.

Namun, kebutuhan tanaman terhadap sinar matahari memang berbeda-beda, ada yang tahan sinar terik matahari. Ada yang hanya memerlukan sinar matahari selama beberapa jam saja dan masih banyak lagi, setiap tanaman berbeda kebutuhannya.

4.Pemberian Pupuk Yang Tepat

Pemberian Pupuk Yang Tepat



Pupuk sangatlah penting bagi tanaman terutama tanaman yang ditanam didalam pot. Hal ini karena pupuk akan mampu menjaga kadar nutrisi dalam tanah yang mana lama-kelamaan akan habis diserap tanaman.

Upayakan untuk memberikan nutrisi terbaik untuk tanaman dengan menyediakan pupuk alami, pupuk kandang, atau pupuk organik. Pupuk yang berasal dari kotoran hewan, pupuk kompos dari sisa makanan, dan apapun yang alami. Anda bisa membuat pupuk sendiri dari sisa makanan seperti sayur atau daging yang tidak dimakan.

5.Kontrol Suhu dan Kelembapan Udara

Kontrol Suhu dan Kelembapan Udara



Kelembapan pada udara juga dapat memengaruhi kondisi tanaman hias, anda  dapat mengakali kelembapan udara dengan menggunakan alat bantu seperti humidifier atau menempatkan sumber air di sekeliling tanaman.

6.Antisipasi Hama dan Penyakit pada Tanaman

Antisipasi Hama dan Penyakit pada Tanaman

 

Terdapat beberapa strategi yang dapat  dilakukan untuk mencegah tanaman terkena serangan penyakit dan hama. Beberapa strategi tersebut di antaranya adalah:

  • Menjaga kualitas tanah dan memberi nutrisi, seperti kotoran hewan atau kompos alami secara rutin pada tanaman
  • Merotasi tanaman secara rutin
  • Mengoptimalkan lokasi dan kondisi tanaman
  • Memangkas rumput liar di sekitar tanaman.

7.Potong Tanaman yang Kering atau Mati

Potong Tanaman yang Kering atau Mati

Apabila tanaman anda ada bagian yang sudah terlanjur terserang penyakit atau kering dan mati, kamu harus segera memotong atau memangkas bagian tanaman yang sudah kering dan mati tersebut. Cara merawat tanaman ini bertujuan agar penyakitnya tidak menyebar ke bagian lain yang masih hidup karena penyakit pada tanaman dapat menyebar dengan sangat cepat.

Berikan perhatian dan kasih sayang sebagai bagian dari cara merawat tanaman Anda, seperti membersihkan cabang yang patah, memangkas bagian yang tumbuh tidak teratur, dan juga menghilangkan sisa-sisa kotoran atau debu yang seharusnya tidak berada di area tanaman. Cara Merawat Tanaman Agar Selalu Subur sangat mudah bukan?, selamat berkebun.

Source: https://www.99.co

Read previous post:
Manfaat Air Purified Di Dalam Rumah
Manfaat Air Purified Di Dalam Rumah

Close