Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Penyakit ginjal merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama. Penyakit ginjal seringkali tidak terdeteksi hingga kronis

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ penting yang berperan penting dalam menyaring zat beracun di tubuh. Jika tidak dijaga dengan baik, bukan tidak mungkin Anda berisiko terkena penyakit ginjal.

Agar ginjal tetap sehat salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Yakni, dengan selalu memerhatikan segala makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap hari agar kesehatan ginjal selalu terjaga.

Ukuran sebesar kepalan tangan dan terletak di bagian bawah tulang rusuk, tepatnya di kedua sisi tulang belakang. Organ ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk tubuh. Kedua ginjal berfungsi untuk menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Produk limbah ini kemudian disimpan di kandung kemih dan kemudian dikeluarkan melalui urine.

Fungsi Ginjal

  • Ginjal memiliki fungsi pada tubuh diantaranya adalah
  • Mengatur jumlah cairan pada tubuh
  • Menjaga agar mineral dalam darah tetap seimbang
  • Menyaring sisa metabolisme dan racun dari darah, Fungsi ginjal adalah  untuk menyaring zat-zat sisa metabolisme dan racun yang tidak diperlukan oleh tubuh. Saat mengalami penyakit ginjal, fungsi ini tidak akan berjalan dengan baik. Itulah mengapa menjaga kesehatan ginjal penting untuk dilakukan.
  • Melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah. Ginjal juga mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh, dan menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.
  • Mengaktifkan vitamin D agar dapat menjaga kesehatan tulang, Ginjal juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Alex Chang, MD, MS dari John Hopkins University.Dokter Chang dan tim peneliti menemukan orang-orang dengan fungsi ginjal normal, tetapi kualitas asupan makanan hariannya buruk, lebih berisiko tinggi mengalami penyakit ginjal di kemudian hari.

Pola makan yang buruk adalah salah satu faktor risiko penyakit ginjal kronis.Terjadinya gangguan pada ginjal atau penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, serangan jantung, serangan stroke, tekanan darah tinggi, kelemahan tulang, kerusakan sistem saraf, gagal ginjal, anemia atau kekurangan darah merah.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal untuk mencegah penyakit

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat ginjal tetap sehat.

1.Pola makan sehat

Menjalani pola makan yang sehat telah terbukti memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, termasuk kesehatan ginjal. Dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. beberapa jenis sayur dan buah yang baik untuk kesehatan ginjal yaitu

  • Buah ceri yang rendah kalium dapat mengendalikan keasaman di tubuh
  • Sayuran rendah kalium, seperti kol, lobak, dan terong untuk menyeimbangkan mineral kalium
  • Apel yang kaya akan antioksidan dan rendah kalium tidak memberatkan kerja ginjal
  • Diet rendah protein, Membatasi asupan garam dan menghindari makanan jeroan karena jeroan mengandung purin yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi ginjal.

2.Penuhi kebutuhan cairan

Minum air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan sehingga jangan sampai tubuh kekurangan cairan. Cara menyehatkan ginjal yang satu ini cukup alami dan bisa digunakan untuk mencegah penyakit. Cairan dengan air putih ternyata membantu melancarkan proses menyaring darah saat membuang limbah beracun.

Dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, kemampuan ginjal yang sehat untuk menyaring sekitar 150 liter darah per hari.

Lewat penyaringan ini, ginjal membuang limbah (zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh) dalam darah, seperti natrium, kalium, fosfor, kalium. Air dalam tubuh akan membantu menjaga pembuluh darah terbuka, sehingga darah dapat melewati ginjal dengan lancar.

Minum air putih yang cukup juga dapat menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Ginjal berperan penting dalam menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Keseimbangan tersebut yang membuat saraf, otot, dan jaringan berfungsi dengan normal. Menjaga kesehatan ginjal dengan cara ini mencegah terbentuknya batu ginjal akibat dehidrasi.

3.Rutin berolahraga

O teratur dapat membantu tubuh mengontrol tekanan darah, glukosa, dan kadar kolesterol. Ketiganya komponen tersebut adalah hal yang perlu dikendalikan untuk mencegah penyakit ginjal.

4.Tidak sembarang minum obat dan vitamin

Penggunaan obat yang terlalu sering dalam jumlah banyak dapat merusak ginjal Anda. Hal ini karena ginjal berperan dalam pembuangan sisa-sisa obat dari tubuh.

5.Tidak merokok dan Minum beralkohol

Zat beracun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menghambat aliran darah. Maka akan mengakibatkan jantung  bekerja lebih keras agar darah terpompa dan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit ginjal.

Efek diuretik pada alkohol bisa meningkatkan jumlah urine yang diproduksi. Akibatnya, ginjal sulit mengatur aliran urine dan cairan tubuh, termasuk mengendalikan ion natrium, kalium, dan klorida. Jika hal tersebut terjadi, tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit yang menyebabkan dehidrasi.

Jika ginjal bermasalah atau rusak, kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda, bahkan pada kasus yang parah bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan ginjal Anda, demikian artikel tentang Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, semoga bermanfaat.

Source: klikdokter.com, halodoc.com

Read previous post:
tips mengamankan wordpress
Tips Mengamankan WordPress Dari Hacker dan Malware

Close