Cara Mengamankan Akun yang Terkena Web Phising, Ada beberapa ciri web phising yang bisa Anda pelajari. Yakni bisa dilihat dari ekstensi dan nama domain. Perlu diketahui, domain merupakan alamat unik yang hanya bisa didaftarkan satu kali di seluruh dunia. Jadi, tidak akan ada nama domain yang sama di dunia ini. Perhatikan juga ekstensi domain yang digunakan, situs populer biasanya menggunakan ekstensi TLD (Top Level Domain) .com atau .id jika di dalam negeri.

Cara Mengamankan Akun yang Terkena Web Phising

Bila kejadian baru terjadi dan Anda keburu sadar sudah masuk ke dalam jebakan web phising, langkah terbaik yakni dengan cara mengganti password akun Anda. Sementara jika kata sandi sudah diganti oleh hacker web phising Anda masih memiliki satu kesempatan untuk menyelamatkan akun tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Jika terjadi pada akun sosial media seperti facebook, twitter, dan instagram, sebaiknya Anda segera menuju ke website resmi untuk melakukan reset password lama.
  •  Pada tahap ini biasanya Anda akan diminta untuk menuliskan username atau alamat email yang pertama kali digunakan untuk mendaftar. Jangan ragu, masukkan saja!
  •  Setelah sukses, segera login ke email pertama yang Anda gunakan untuk membuat akun sosial media. Kemudian cari link konfirmasi untuk melakukan reset password.
  •  Buka link tersebut. Namun, sebelumnya Anda harus lebih dulu memastikan sang pengirim email benar-benar kredibel. Hal ini ditandai dengan adanya nama domain di alamat email. Contoh: noreply@facebook.com atau reset@facebook.com.
  •  Ubah kata sandi Anda dengan pilihan kombinasi alfanumerik yang lebih rumit dari sebelumnya agar akun tersebut bisa kembali lagi ketangan Anda.
  • Setelah berhasil, jangan lupa untuk mengaktivkan pengaturan authentifikasi dua langkah menggunakan kode SMS, Google Authentificator, atau email konfirmasi.

Poin penting dalam menghindari Phising adalah jaga data pribadi. Demikian artikel tentang Tips Cara Menghindari Web Phising, semoga bermanfaat.

Source: dewaweb.com

Read previous post:
Tips Cara Menghindari Web Phising

Close