Cara Mendeteksi Orang Yang Jujur (Rangkuman Ceramah Aa Gym), Hati, lisan dan sikapnya sama, sama-sama dalam kebenaran, semoga Allah menggolongkan kita menjadi orang yang jujur terpercaya, sampai akhir hayat dan bisa mengajak orang lain menjadi orang yang jujur terpercaya.

Ciri-ciri orang yang Jujur dan orang yang bohong

1.  orang yang jujur itu tenang.

Allah menyukai orang jujur dan hati di Bolak balik oleh Allah.

هُوَ الَّذِىۡۤ اَنۡزَلَ السَّكِيۡنَةَ فِىۡ قُلُوۡبِ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ لِيَزۡدَادُوۡۤا اِيۡمَانًا مَّعَ اِيۡمَانِهِمۡ‌ ؕ وَلِلّٰهِ جُنُوۡدُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ؕ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيۡمًا حَكِيۡمًا

 

“Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana. “(QS. Al-Fath Ayat 4)

Hakikatnya nya Allah menurunkan, syariat Nya tidak ada beban untuk berdusta.Tidak  jujur akan gelisah oleh Allah dibuat gelisah, karena hatinya dia takut terbongkar ketidakjujuran akan tegang, gugup, tidak tenang, walaupun berusaha tenang, tetapi  tenang semu.

2.  orang yang jujur itu akan bisa ringan, mudah menyampaikan dalam keadaan runut, rinci, detail dan jelas tidak ada beban.

orang yang berdusta harus berfikir keras untuk merekayasa kebohongan akibatnya kalau bicara itu dia akan cenderung simple, tidak bisa rinci, karena harus mengarang cerita, dan kalaupun panjang jadi berbelit-belit. Itulah ciri khas orang  yang berbohong.

3. orang yang jujur itu akan konsisten

Karena memang itu yang dia rasakan dan dia alami sehingga menjelaskannya akan tidak ada beban dan konsisten kapanpun akan sama saja.

Tetapi apabila orang Tidak jujur akan inkonsisten (tidak akan konsisten) tergantung kemampuan dia menyembunyikan kebohongannya dan mengarangnya, sehingga nanti akan membuat karangan-karangan baru. Dan akan tampak  jelas Inkonsistennya.

4. Orang yang jujur akan Yakin.

Orang yang jujur tidak berusaha untuk membuat orang yakin, karena dia sendiri sudah yakin. Raut mukanya, sikapnya itu yakin. Jadi tidak berusaha keras membuat orang menyampaikan sesuatu nanti orang-orang yang memang bisa menjadi bukti dengan orang-orang yang sama.

Tetapi orang yang tidak jujur akan berusaha keras membuat orang yakin, dengan mengadakan data atau fakta yang dibuat-buat dan dia akan mencari orang-orang. Biasanya orang-orang yang sama juga kebohongannya untuk mendukung kebohongannya atau orang-orang bodoh yang tidak mengerti apa-apa untuk bisa meyakinkan. Ciri khas orang yang bohong itu dia akan berusaha keras meyakinkan, karena dia tidak yakin, jadi dia membuat rekayasa supaya orang menjadi yakin.

5. Orang yang jujur Yakin bahwa Allah Maha Melihat, Allah Maha Mendengar dan Pasti Allah akan menolong.

Orang yang jujur pasti dia akan pasti dia akan bulat bergantung kepada Allah.

Tapi orang yang pendusta Dia tidak ingat kepada Allah, sandarannya adalah rekayasa, dia akan terus membanting tulang untuk menyembunyikan kedustaannya.

Dalam Islam Rasulullah telah mengingatkan:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْد رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِيْ إِلَى الْبِرِّ ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِيْ إِلَى الْجَنَّةِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيْقًا ، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِيْ إِلَى الْفُجُوْرِ ، وَإِنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِيْ إِلَى النَّارِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta (pembohong).

(HR. Bukhari & Muslim)

Marilah kita bertekad kuat untuk menjadi orang yang jujur, konsisten dalam kejujuran, dan berusaha mengajak orang lain jujur. Itulah yang akan membuat kita bahagia, mulia dan membuat kita akan hidup dalam kebaikan-kebaikan yang banyak, dan mengantarkan kita sukses dunia dan akhirat.

Hati-hati bagi orang yang tidak jujur, mudah bagi Allah membuka ketidak jujuran kita. Didunia pasti sengsara, hina dina, dan kalaupun mati Demi Allah azab akan menimpa. Nauzubillah Min Dzalik.

Rasulullah sebelum menjadi Nabi Dijuluki Al-amin

1.  jujur terpercaya, kalau bicara pasti benar, tidak bohong, tidak ditambah-tambahi, tidak dikurangi sehingga orang yakin.

2.  Jika berjanji pasti ditepati, apapun keadaannya beliau selalu menepati janji.

3.  Jika di beri amanah beliau betul-betul amanah, pantang khianat terhadap amanah sekecil apapun juga.

Setiap Orang itu sangat rindu pada orang yang jujur terpercaya, sangat hormat kepada orang yang jujur terpercaya, dan sangat komit kepada orang yang jujur terpercaya. Kebaikan-kebaikan apapun kalau berbasis kejujuran, Masya Allah, itulah yang akan menambah keberkahan.

Hidup didunia ini hanya sekali, ingin sukses dunia dan akhirat, pilihannya adalah jadi orang yang jujur.

Diantara 4 orang yang diberi nikmat oleh Allah, ciri-cirinya Iyya kana’ Budu wa iyyaka nasta’iin. Yang kita minta dalam sholat

1. Nabiyyin

2. Siddiqin

3. Syuhada

4. Sholihin    

Pastikan diri, keluarga,  anak-anak kita berusaha keras menjadi orang-orang yang jujur. Juga sebarkan kejujuran kepada yang lain. Tidak apa-apa kita tidak mendapat dunia melimpah yang penting kita mendapatkan karunia melimpah menjadi seseorang yang siddiqin.

Hati, lisan dan sikapnya sama, sama-sama dalam kebenaran, semoga Allah menggolongkan kita menjadi orang yang jujur terpercaya, sampai akhir hayat dan bisa mengajak orang lain menjadi orang yang jujur terpercaya.

Rangkuman Aa Gym Daily Vlog

Read previous post:
Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Close