Aplikasi Meeting Online untuk PC dan Smartphone, salah satu kemudahan teknologi yang banyak digunakan adalah aplikasi meeting online yang memungkinkan orang membahas suatu topik tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Aplikasi Meeting Online untuk PC dan Smartphone

Sejak adanya wabah virus Covid-19, hal ini tentu membuat orang tidak bisa berkumpul atau melakukan rapat bersama seperti hari-hari biasanya. Sehingga banyak orang yang membutuhkan aplikasi untuk meeting secara online. Penggunaan aplikasi meeting online ini tentu saja memudahkan pekerjaan seluruh penggunanya.

Namun, setiap aplikasi punya fitur unggulan dan kekurangannya masing-masing. Jadi Anda perlu tahu apa saja fitur yang ditawarkan agar tak salah pilih.

Dengan jaringan internet yang stabil, komunikasi secara online masih bisa dilakukan rapat meski harus berjarak. Walau dinilai efektif, namun Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyarankan agar masyarakat lebih berhati-hati saat menggunakan aplikasi meeting online.

BSSN juga mengeluarkan panduan keamanan dalam menggunakan video conference, guna mencegah hacker dan melindungi seluruh isi data perusahaan saat rapat virtual dilakukan. Dilansir dari laman Berita Satu, berikut sejumlah panduan keamanan dalam memakai aplikasi meeting online versi BSSN.

  • Gunakanlah aplikasi meeting online yang memang resmi dan merupakan versi terbaru
  • Disarankan untuk memakai aplikasi dengan pengelolaan server berada di organisasi pengguna atau dalam wilayah Indonesia
  • Jika server aplikasinya berada dalam organisasi, sebaiknya konfigurasi terlebih dulu untuk jaringan lokal
  • Setiap partisipan yang akan bergabung wajib memiliki akses VPN
  • Gunakan aplikasi meeting online terbaik yang memiliki fitur enkripsi, link communication, dan sejenisnya yang bisa diaktifkan saat meeting berlangsung
  • Pilih aplikasi yang punya fitur “pembatasan” pada saat seluruh partisipan bergabung
  • Ganti selalu ID, PIN, ataupun password setiap pelaksanaan meeting usai dilakukan

Berikut ini Aplikasi Meeting Online untuk PC dan Smartphone terbaik Web Video Conferencing

1.Google Meet

Google Meet

Google Meet adalah aplikasi video conference gratis yang dapat digunakan melalui browser dan aplikasi smartphone. Aplikasi yang sebelumnya bernama Hangouts ini menawarkan fitur gratis yang lebih menarik dibanding aplikasi lainnya dengan batas waktu meeting dengan maksimum 100 peserta selama 60 menit.

Di mana Google Meet terintegrasi sepenuhnya dengan G Suite, untuk memudahkan penggunanya bergabung ke rapat daring langsung dari acara kalender atau undangan email user lain. aplikasi ini mampu menampilkan semua agenda rapat yang akan berlangsung, baik saat kamu bergabung melalui laptop ataupun ponsel.edisi G Suite Enterprise yang dirancang khusus oleh Google Meet juga memungkinkan semua peserta untuk melihat jadwal rapat pada hari itu, sekaligus membuat nomor telepon untuk tiap rapat.

Sehingga, semua peserta tak akan lagi mengalami masalah akses, termasuk saat tidak memiliki kuota data dikala akan mengikuti rapat.

2 Microsoft Teams

Microsoft Teams

Aplikasi ini berada dalam layanan Microsoft Office 365, yang memang diperuntukkan bagi para karyawan dengan sistem kerja jarak jauh. Pengoperasiannya yang mudah dan bisa digunakan baik lewat laptop maupun handphone, menjadi alasan utama untuk menggunakan Microsoft Teams.Bahkan aplikasi ini enggak hanya dimanfaatkan untuk melakukan video conference perusahaan saja. Namun juga biasa digunakan untuk bertukar pesan instan, mengirim data antar karyawan, hingga sekedar telepon biasa.

3.Skype

Skype

Aplikasi yang rilis pada Agustus 2003 silam ini, memungkinkan penggunanya untuk melakukan audio ataupun video call hingga 50 orang dalam satu kali panggilan.Aplikasi ini bisa dipakai untuk melakukan rapat daring tanpa perlu mendaftar, atau bahkan harus mengunduh terlebih dulu.

4.Zoom

Zoom

Anda tentunya sudah tidak asing dengan platform video conference ini, Zoom menjadi aplikasi video conference yang bisa Anda gunakan secara gratis dalam durasi 45 menit.

5.Cisco Webex

Cisco Webex

Cisco WebEx menyediakan layanan video conference secara gratis. Sayangnya, Anda hanya bisa menggunakan Cisco selama 40 menit saja. Jika Anda ingin menggunakan dalam jangka waktu yang lama, Anda harus membayar paket berlanggan yang disediakan oleh Cisco WebEx. Aplikasi meeting online gratis ini juga menekankan pada penggunaan cloud sehingga tidak memfasilitasi Anda yang ingin memiliki private video conference.

6.Slack

Slack

Slack adalah aplikasi percakapan berbasis grup yang bisa digunakan untuk berkomunikasi antar topik. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berbagi dokumen dan melakukan video conference hingga maksimal 15 orang.

Slack terintegrasi dengan beberapa tools dan media sosial untuk memudahkan penggunanya mengirim file dan memantau proses kerja, seperti Google Drive, Dropbox, hingga Twitter. Salah satu fitur menarik di Slack adalah fitur pencarian yang bisa dipakai untuk menelusuri topik atau percakapan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Demikian beberapa Aplikasi Meeting Online untuk PC dan Smartphone. Sebagian besar aplikasi tersebut juga bisa diakses secara gratis dan kualitas video yang dihasilkan juga relatif jernih, oleh karena itu aplikasi-aplikasi tersebut baik digunakan untuk melaksanakan Meeting online dari rumah.

source:

Aplikasi Meeting Online untuk PC dan Smartphone

 

 

Read previous post:
potret geopark belitung yang menakjubkan
Potret Geopark Belitung Yang Menakjubkan

Close