Apa Itu Programmer ?, Dunia IT belakangan ini tengah berkembang. Kemunculan berbagai startup dan perusahaan berbasis teknologi jadi salah satu alasannya.Saat ini dalam keseharian juga sudah tidak bisa lepas dari sebuah aplikasi. Baik itu aplikasi berbasis desktop, mobile, ataupun web. Tahukah anda siapa orang yang membuat aplikasi-aplikasi tersebut ? Dia adalah Programmer, Programmerlah yang menciptakan aplikasi-aplikasi.

Apa Itu Programmer?

Menjadi seorang Programmer tentunya bukan hal yang mudah. Semua butuh perjuangan dan pendidikan yang harus dijalani dengan serius. Untuk orang-orang di bidang teknologi informasi, profesi programmer komputer menjadi salah satu profesi yang digemari.

Definisi Programmer

Programmer adalah profesi yang bertugas untuk mengembangkan perangkat lunak atau aplikasi. Tugasnya mencakup semua proses pengembangan perangkat. Mulai dari proses menyusun rancangan, membuat atau mengembangkan perangkat, menguji perangkat, memodifikasi hingga merawat perangkat lunak. Biasanya tugas-tugas ini dibagi pada beberapa peran programmer yang ada dalam tim. Namun, ada juga yang semua tugas tersebut harus dikerjakan oleh orang yang sama. Seluruh prosesnya menjadi tanggung jawab satu pihak saja.

IT Programmer adalah sebuah profesi terkait bidang komputerisasi yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan bahasa pemrograman. Seorang programmer harus menguasai minimal satu bahasa pemrograman. Tugas utamanya adalah menulis kode program, membuat atau mengedit algoritma program untuk kemudian bersinergi dengan tim atau bagian lain yang terkait di suatu perusahaan.

Seorang programmer memiliki tugas untuk mendesain program perangkat lunak (software) melalui flow chart yang logis untuk kemudian diterjemahkan ke dalam salah satu dari beberapa bahasa yang bisa dimengerti komputer. Program tersebut digunakan untuk menyelesaikan permasalahan secara otomatis.

Tugas seorang programmer

Tugas programmer adalah mengembangkan atau menciptakan aplikasi yang meliputi :

  • Mendefinisikan kebutuhan
  • Merancang flowchart
  • Menulis kode program
  • Mendebugging
  • Menguji program
Cara Menjadi Programmer

Hampir semua bidang profesi mengandalkan hardskill yang dimiliki, begitu juga dengan profesi menjadi seorang programmer. Menjadi seorang programmer dituntut untuk selalu mengembangkan keahliannya dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi dalam komputasi secara bertahap. Jika Anda tertarik untuk menjadi programmer, berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan

  • Memahami Konsep Dasar Pemrograman
  • Membuat Program Sederhana
  • Memilih Bahasa Pemrograman
  • Mulai Mengerjakan Proyek
  • Mengikuti Pelatihan atau Workshop

Apakah Anda tertarik untuk menjadi programmer?, biasanya perusahaan memberlakukan programmer dengan fleksibel, yaitu perusahaan hanya fokus pada target pengerjaan, sedangkan waktu pengerjaannya diserahkan kepada programmer itu sendiri. Bahkan, banyak perusahaan yang membolehkan programmer untuk bekerja dengan jarak jauh.

Semoga artikel tentang Apa itu Programmer dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Terus kunjungi   kamiwebdevelopment.com untuk memproleh informasi tentang teknologi IT lainnya.

penulis feby kurniawati rejeki

Read previous post:
Tips Membersihkan Sepatu Kulit dengan Benar

Close